Sebuah video yang menunjukkan pengendara motor wanita terjatuh saat sedang berkendara di salah satu ruas jalan menjadi viral di media sosial. Video itu diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia pada Kamis (29/2/2024). Dalam video tersebut, terlihat ban belakang sepeda motor pengendara motor wanita seolah mengunci hingga membuatnya kehilangan kendali dan terjatuh. Pengguna jalan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung sigap membantu.

Menurut beberapa komentar dari warganet, insiden itu terjadi karena gir motor yang sudah tajam atau kekurangan oli. Gir motor adalah bagian yang berfungsi untuk menghubungkan rantai dengan roda belakang. Jika gir motor sudah aus atau tajam, maka rantai bisa loncat dari rel gir dan nyangkut sehingga ban belakang berhenti berputar. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi pengendara motor, karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Untuk menghindari hal ini, pemilik kendaraan sebaiknya sering melakukan pengecekan dan perawatan gir dan rantai motor. Pengecekan dan perawatan gir dan rantai motor bisa dilakukan saat servis motor bulanan. Selain itu, pemilik kendaraan juga harus mengganti gir dan rantai motor jika sudah aus atau tajam. Jangan menunggu sampai gir dan rantai motor rusak parah, karena bisa membahayakan keselamatan berkendara.

Gir dan rantai motor adalah komponen penting yang harus dijaga kualitasnya. Jika gir dan rantai motor bermasalah, maka performa motor juga akan menurun. Oleh karena itu, jangan sepelekan perawatan gir dan rantai motor. Selalu perhatikan kondisi gir dan rantai motor Anda, dan jangan lupa untuk mengoleskan pelumas yang sesuai. Dengan begitu, Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini