Mudik lebaran 2024 semakin dekat. Bagi anda yang ingin mudik dengan membawa sepeda motor, ada kabar baik dari Kementerian Perhubungan. Kemenhub kembali menggelar program Mudik Motor Gratis (Motis) melalui transportasi kereta api. Program ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan dan kemacetan yang sering terjadi saat musim mudik.

Namun, tidak semua jenis motor bisa mengikuti program ini. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh peserta Motis 2024. Salah satunya adalah motor yang digunakan harus memiliki kapasitas mesin maksimal 200 cc. Artinya, motor dengan kapasitas mesin di atas 200 cc, seperti Xmax, Forza, CRF250 Rally, CRF250 L, Ninja ZX25R, MT-25, Versys, V-Strom, dan lain-lain, tidak bisa ikut program ini.

Selain itu, motor listrik juga belum bisa ikut program Motis 2024. Hal ini karena belum ada regulasi yang jelas mengenai pengangkutan motor listrik melalui kereta api. Kemenhub khawatir akan terjadi kesalahan atau risiko yang bisa merugikan peserta maupun pihak penyelenggara.

Untuk bisa mengikuti program Motis 2024, peserta harus mendaftar secara daring melalui situs mudikgratis.dephub.go.id atau melalui posko yang telah ditunjuk. Peserta harus menyertakan KTP, Kartu Keluarga, dan SIM C. Satu motor dapat mengakomodasi pembelian dua tiket penumpang. Penumpang kedua harus tercantum dalam Kartu Keluarga peserta yang terdaftar. Tiket yang sudah dibeli bersifat final dan tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwalnya.

Kemenhub menyediakan fasilitas gratis untuk pengangkutan motor dan penumpangnya. Motor yang diangkut kereta api tidak dikenakan biaya, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Sedangkan untuk penumpang yang menggunakan bus, ada fasilitas truk untuk mengangkut motornya secara gratis.

Kuota untuk program Motis 2024 adalah sebanyak 10.000 unit sepeda motor. Rute yang tersedia adalah Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Solo. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 15 April 2024 hingga 15 Mei 2024. Jadwal keberangkatan KA Motis 2024 adalah tanggal 20-22 Mei 2024. Jadwal kepulangan KA Motis 2024 adalah tanggal 28-30 Mei 2024.

Program Motis 2024 merupakan salah satu upaya Kemenhub untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, khususnya pemudik sepeda motor. Diharapkan dengan program ini, mudik lebaran 2024 bisa berjalan lancar, aman, dan nyaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini