Polytron Indonesia, salah satu produsen motor listrik di Indonesia, memberikan tanggapan terkait keluhan konsumen yang mengaku mengalami masalah dengan motor listrik Polytron Fox-R. Konsumen bernama Firdaus mengeluhkan bahwa motor listrik yang ia beli sejak tahun lalu sering bermasalah di bagian roda dan pengecasan.

Firdaus mengatakan bahwa tekanan ban belakang motor listriknya sering tiba-tiba hilang. Selain itu, motor listriknya juga sempat tidak bisa dicas. Padahal, masa pemakaiannya baru sembilan bulan setelah unit diterima. Firdaus mengaku telah menghubungi pihak Polytron untuk mendapatkan perbaikan sejak Desember 2023. Namun, hingga saat ini, motor listriknya belum benar-benar beres.

"Apakah masalah selesai? Jawabannya belum. Hanya selang berapa hari ban kembali bocor usai diservis. Saya pun kembali melapor ke Costumer Service Polytron dan hingga sekarang motor belum bisa dipakai," ujar Firdaus kepada detikOto.

Firdaus juga merasa dirugikan karena harus tetap membayar sewa baterai, meskipun motor listriknya tidak bisa digunakan. "Akhirnya saya membayar sewa, meski motor sampai sekarang tidak bisa dipakai. Bila seperti ini, anggapan motor listrik lebih ‘irit’ daripada motor bensin sepertinya tidak berlaku," ungkapnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Direktur Komersial Polytron Indonesia, Tekno Wibowo, menegaskan bahwa pihaknya akan merespons keluhan konsumen terkait produknya. Dia mengatakan bahwa tim teknis Polytron akan melakukan pengecekan pada kendaraan.

"Saya akan cek di tempat kita, kemungkinannya memang ban yang bermasalah, kita akan bantu cek," kata Tekno saat dihubungi detikOto.

Tekno juga mengaku belum mengetahui detail masalah yang dialami oleh Firdaus. Dia mengatakan bahwa biasanya, jika ada keluhan konsumen yang tidak bisa diselesaikan oleh tim servis, maka akan ada tim khusus yang melakukan follow up.

"Belum bisa banyak komentar, karena saya tidak tahu detail masalahnya. Biasanya kalau ada keluhan customer yang tidak bisa diselesaikan (tim) servis pasti selalu di-follow up tim khusus RCM," ujar Tekno.

Polytron Indonesia merupakan salah satu produsen motor listrik yang mendapatkan subsidi dari pemerintah. Motor listrik Polytron Fox-R dijual dengan harga Rp 15 juta, dengan sistem sewa baterai sebesar Rp 300 ribu per bulan. Motor listrik ini diklaim mampu melaju hingga 60 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 80 km per sekali cas.

Motor listrik Polytron Fox-R. Foto: Firdaus Anwar / detikcom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini