Mudik merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. Namun, mudik juga menimbulkan berbagai masalah, seperti kemacetan, kecelakaan, dan biaya transportasi yang mahal. Untuk membantu masyarakat yang ingin mudik dengan aman dan nyaman, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) kembali menyelenggarakan program mudik gratis di tahun 2024.

Program mudik gratis ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 sampai dengan 3 April 2024 atau jika kuota sudah habis melalui aplikasi MitraDarat yang dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore . Pendaftar harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kemenhub, seperti memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), serta tidak membawa barang bawaan yang berlebihan.

Kemenhub menyiapkan sebanyak 722 unit bus untuk mengangkut 30.088 penumpang yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik . Bus-bus tersebut akan berangkat dari enam terminal di wilayah Jabodetabek, yaitu Terminal Pulogebang Jakarta, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Jatijajar Depok, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Poris Plawad Tangerang, dan Terminal W. A Gara Kalimantan Tengah. Bus-bus tersebut akan menuju 33 kota tujuan yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, dan wilayah Sumatera .

Selain bus, Kemenhub juga menyediakan 900 unit kuota pengangkutan sepeda motor dengan truk secara gratis . Pengangkutan motor ini ditujukan untuk masyarakat yang ingin membawa kendaraan pribadi mereka ke kampung halaman tanpa harus mengemudi sendiri. Penyerahan sepeda motor untuk kegiatan arus mudik dilaksanakan pada 4 April 2024 di Terminal Tipe A Pondok Cabe Tangerang Selatan dan akan diberangkatkan pada 5 April 2024. Sedangkan untuk pemberangkatan arus balik pengangkutan sepeda motor pada 14 April 2024 dari lima terminal tipe A, yaitu kota Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta.

Kemenhub berharap program mudik gratis ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin mudik dengan aman dan nyaman, serta mengurangi beban biaya transportasi. Kemenhub juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama mudik, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selamat mudik dan selamat Hari Raya Idul Fitri 2024. 🙏

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini