Menjelang Lebaran tahun 2024, pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) masih menunjukkan penurunan. Berdasarkan data terbaru dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat volume penjualan LCGC mencapai 16.379 unit, turun sebesar 2,7 persen dari bulan sebelumnya. Namun, tidak ada perubahan yang signifikan dalam peta persaingan pasar LCGC, yang berarti gejolak ini dirasakan oleh semua merek dan model.

Daihatsu Sigra berhasil mempertahankan posisi sebagai LCGC terlaris dengan penjualan sebanyak 5.543 unit atau 33,84 persen dari total pasar LCGC nasional. Angka ini menunjukkan pertumbuhan dari tahun sebelumnya sekitar 350 unit. Di posisi kedua, terdapat Honda Brio Satya dengan total penjualan 4.288 unit, diikuti oleh Toyota Calya dengan 3.291 unit, Toyota Agya dengan 1.676 unit, dan Daihatsu Ayla dengan 1.653 unit.

Pasar LCGC yang masih melambat ini menjadi perhatian khusus menjelang momen Lebaran, dimana biasanya terjadi peningkatan penjualan kendaraan karena kebutuhan mudik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini