Oleh Bayu Ardi Isnanto – detikOto

Jakarta, 19 April 2024

Honda Civic Type R telah mengalami beberapa kali pembaruan, dan yang terbaru adalah Civic Type R dengan kode bodi FL5 yang diperkenalkan sejak 2022. Mobil berdesain sport ini memiliki sejumlah keunggulan, baik dari segi desain, performa, hingga fitur-fiturnya. Berikut adalah informasi terkini mengenai Honda Civic Type R di tahun 2024:

Spesifikasi Honda Civic Type R

Eksterior

Honda Civic Type R didesain menjadi mobil sport yang menggunakan konsep aerodinamis di setiap sisi. Baik di sisi depan maupun belakang, terlihat bumper yang lebih sporty layaknya mobil balap yang siap melintas di sirkuit. Tampak belakang, bodi Civic Type R ini dilengkapi dengan diffuser dan spoiler baru. Terlihat tiga lubang knalpot atau triple outlet exhaust with active exhaust valve yang berada di tengah mobil. Knalpot utama di kedua sisi berfungsi menyalurkan udara dari mesin, sedangkan knalpot tengah berfungsi untuk mengendalikan sonic tone pada mesin. Yang unik dari mobil ini adalah penggunaan Type R Signature Plate alias nomor seri pelat nomor yang khusus. Setiap pemilik mobil Civic ini akan memiliki nomor polisi eksklusif.

Interior

Anda akan merasakan kemewahan ketika masuk ke dalam mobil Civic Type R ini. Kursi dan karpet warna merah didesain untuk membuat nyaman pengemudi. Pengemudi dipermudah dalam mendapatkan informasi berkendara melalui layar touchscreen berukuran 9 inci yang dapat digunakan untuk mengatur performa mobil lewat Individual Drive Mode. Informasi lainnya seperti suhu pada pendingin mesin, suhu pada oli mesin, steering angle, tekanan pada rem, dan yaw rate. Bagian speedometer Civic Type R menggunakan 10,2 inci TFT dan didesain secara eksklusif dengan twin-meter menggunakan jarum warna kuning khas Type R. Selain mengukur kecepatan, ada juga fitur baru Honda LogR yang berfungsi untuk mencatat seberapa cepat Anda dapat melaju dalam sebuah lintasan.

Performa

Dari sisi performa, Honda Civic Type R terbaru ini dibekali mesin 2.0L VTEC Turbocharged Engine yang mampu menghasilkan torsi 420 Nm dengan tenaga maksimal 319 PS. Torsi ini meningkat 20 Nm dan tenaganya meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya. Civic Type R menggunakan transmisi manual dengan 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh Rev Match System sehingga dapat mempertahankan tenaga maksimumnya saat memindahkan gigi. Kecepatan maksimal mobil ini mencapai 272 km per jam dan diklaim mampu mencapai kecepatan 100 km per jam dalam waktu 5,5 detik.

Harga dan Simulasi Kredit

Jika Anda berencana membeli Honda Civic Type R dengan sistem kredit, berikut adalah simulasi kreditnya:

  • Harga Honda Civic Type R: Rp 1,428 Miliar
  • Uang Muka: 10% atau Rp 142,75 Juta
  • Bunga: 6.0%
  • Masa Kredit (tenor): 1 Tahun
  • Cicilan Per Bulan: Rp 110,57 Juta

Pastikan Anda melakukan riset dengan teliti dan menggunakan informasi ini sebagai referensi. Semoga artikel ini membantu Anda memahami lebih lanjut tentang Honda Civic Type R yang terbaru dan ter-update di tahun 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini