10 Mobil Baru di GIIAS 2016, Ertiga Raih Bintang 4 ASEAN NCAP dan Suzuki Swift Turbo? – Otoweekly

1087
0
BERBAGI

Otoweekly minggu ke-22 2016 akan mengabarkan lima berita yang tengah hangat diperbincangkan selama sepekan.

1. BMW Menyiapkan Sebuah Mobil Edisi Spesial untuk Merayakan Hari Ulang Tahun Model M3 yang ke-30

Rencananya, mobil edisi ulang tahun ini hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 500 unit di seluruh dunia. BMW M3 pertama kali diperkenalkan pada gelaran Frankfurt Auto Show 1985 dan mulai dijual pada tahun 1986. Untuk edisi ulang tahun ini, BMW telah menambahkan sejumlah fitur baru baik di sektor interior maupun eksterior. Selain itu, terdapat perbedaan besar tenaga untuk mobil ini dari versi standarnya. Jika M3 versi standar menggunakan mesin 3.000 cc twin turbo bertenaga 425 hp,  untuk versi ulang tahunnya BMW menambahkan daya sebesar 19 hp yang membuat tenaganya kini mencapai 444 hp. Mobil ini dijual seharga 82.600 Euro atau lebih mahal 10.000 Euro dari versi standarnya.

2. Audi Indonesia Luncurkan All New A4

PT. Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek Audi di Indonesia baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Audi A4. Mobil ini dibangun dengan menggunakan platform MLB Evolution seperti Audi Q7 dan Audi TT terbaru. Penggunaan platform MLB Evolution juga memberikan keuntungan tersendiri karena sukses memangkas bobot mobil hingga 120 kg. All New Audi A4 yang hadir di Indonesia ditawarkan dalam dua varian, yang pertama Audi A4 2.0 TFSI dengan mesin 4-silinder segaris berkapasitas 2.000 cc turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 190 hp dan torsi 320 NM dan yang kedua Audi A4 TFSI Quattro dengan mesin sama namun tenaganya lebih besar, yaitu 252 hp dan torsi 370 Nm. Untuk harganya, Audi A4 2.0 TFSI dijual seharga 990 juta rupiah dan Audi A4 TFSI Quattro di harga 1,2 miliar rupiah. Kedua harga ini berstatus on the road Jakarta.

3. Suzuki Bakal Memberikan Mesin Turbo Untuk Generasi Terbaru dari Suzuki Swift

Jika selama ini Suzuki Swift dikenal menggunakan mesin K14B 1.400 cc dan Swift Sport menggunakan mesin M16A 1.600 cc, maka generasi terbaru dari kedua model Swift ini diperkirakan akan memakai mesin turbo. Sampai saat ini memang belum ada pernyataan resmi dari suzuki mengenai hal ini. Walau begitu, banyak media otomotif yang sudah membicarakan dan memberikan prediksinya. Swift generasi terbaru misalnya, disebut akan menggunakan mesin 1000 cc 3 silinder turbo yang sama dengan milik Baleno. Sedangkan untuk Swift Sport generasi terbaru menggunakan mesin yang berbeda, yaitu Boosterjet 1400 cc yang diambil dari crossover Vitara S dan bertenaga hingga 138 hp. Generasi terbaru dari Suzuki Swift diperkirakan bakal hadir di tahun 2017 mendatang.

4. Suzuki Ertiga Meraih Skor Bintang Empat Uji Tabrak ASEAN NCAP

Pada pengujian ini, ASEAN NCAP mengambil sample Suzuki Ertiga buatan Indonesia yang juga dipasarkan di Brunei, Filipina, Thailand dan Vietnam. Dari pengujian ini, Suzuki Ertiga mendapat nilai bintang empat dari maksimal bintang lima untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa. Sayangnya mobil ini hanya mendapat rating bintang dua untuk perlindungan terhadap keselamatan anak karena tak dilengkapi dengan ISOFIX.

5. 10 Mobil Baru Akan Muncul di GIIAS 2016

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) memang baru akan dimulai 11-21 Agustus mendatang. Namun, sejumlah Agen Pemegang Merek telah mempersiapkan model mobil terbarunya untuk meramaikan GIIAS kali ini. Hingga saat ini dikabarkan ada sekitar 32 merek kendaraan dan 10 mobil baru yang akan muncul pada GIIAS 2016. Meski begitu, belum ada bocoran resmi maupun perkiraan daftar mobil yang akan muncul. Saat ini baru Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang kemungkinan besar muncul sebagai mobil baru di GIIAS 2016. Bagaimana kalau menurut Anda? Mobil baru apa lagi yang akan muncul? Silahkan sampaikan prediksi anda di kolom komentar

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY