Motor listrik Neu Green yang diproduksi oleh Greentech menjadi viral setelah dipakai oleh calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda, saat menuju panggung kampanye di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Sabtu (10/2/2024). Motor bergaya sport itu menarik perhatian publik karena belum banyak dikenal sebelumnya.

Menurut situs Samsat online, nilai jual motor yang dipakai Gibran sebesar Rp 15,8 juta. Sementara pajak tahunannya hanya Rp 35 ribu, yang merupakan ongkos SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Namun, harga tersebut ternyata tidak berlaku untuk semua varian Neu Green.

Indra Novint Noviansyah, Marketing Director PT Mobil Elektrik Nasional, selaku distributor motor listrik Neu Green, mengatakan bahwa harga motor yang dipakai Gibran adalah Rp 75 juta. Hal ini karena motor tersebut memiliki livery khusus yang dibuat untuk Gibran. "Sudah bisa dipesan di pameran IIMS 2024 ini. Harganya Rp 60 juta dan sudah on the road Jakarta. Tapi kalau yang dipakai Mas Gibran, karena ini livery khusus, jadi harganya Rp 75 juta," ujar Novint saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Novint menambahkan bahwa setelah viral dipakai Gibran, pemesanan motor listrik Neu Green langsung meningkat. Bahkan, pihaknya sempat kelabakan melayani permintaan pembeli. Konsumennya pun beragam, mulai dari kalangan umum, pejabat, hingga publik figur. "Nah, kalau khusus motor yang dipakai Mas Gibran, ini tuh beliau sudah pesan. Jadi bukan pinjam, beliau beli," kata dia.

Motor listrik Neu Green diproduksi secara lokal di pabrik Gresik, Jawa Timur. Motor tersebut memiliki spesifikasi yang cukup menggiurkan, seperti bisa melaju sejauh 150 km dengan kecepatan maksimum 150 km/jam. Selain itu, motor listrik Neu Green juga tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti putih, abu-abu, hitam, merah, dan biru muda.

Tak hanya di pameran IIMS 2024, motor listrik Neu Green juga dijual secara online di salah satu marketplace lokal. Ada pedagang yang memasang foto Gibran dan Selvi sebagai foto produk yang ditawarkan. "Motor listrik Neu Green Tech Lithium 5000 Watt. Barang ready. Harga OTR Jakarta, belum termasuk ongkir," tulis pedagang dengan nama toko ‘Gudang Sepeda Official’. Toko itu hanya menjajakan dua unit Neu Green, yakni berwarna biru dan putih. Namun, khusus untuk warna biru seperti milik Gibran, sudah sold out.

Motor listrik Neu Green menjadi salah satu bukti bahwa produk lokal bisa bersaing dengan produk impor. Dengan harga yang terjangkau, kualitas yang baik, dan desain yang menarik, motor listrik Neu Green layak menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini