Mobil listrik menjadi salah satu tren di industri otomotif saat ini. Banyak produsen mobil yang berlomba-lomba mengembangkan dan meluncurkan produk-produk mobil listrik yang ramah lingkungan, hemat energi, dan memiliki performa tinggi. Salah satu produsen mobil yang ikut berpartisipasi dalam persaingan mobil listrik adalah Kia.

Kia merupakan salah satu merek mobil asal Korea Selatan yang terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas, inovatif, dan terjangkau. Kia juga memiliki visi untuk menjadi pemimpin global dalam mobilitas masa depan yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan visi tersebut, Kia telah meluncurkan beberapa model mobil listrik yang menarik perhatian pasar, seperti Kia EV6 dan Kia EV9.

Namun, Kia tidak berhenti sampai di situ. Kia juga sedang mengembangkan mobil listrik entry level yang ditargetkan untuk pasar global, yaitu Kia EV3. Kia EV3 merupakan mobil listrik murah yang memiliki desain kompak, sporty, dan modern. Kia EV3 diharapkan dapat menarik minat konsumen yang mencari mobil listrik yang praktis, efisien, dan terjangkau.

Kia EV3 belum secara resmi diluncurkan oleh Kia, tetapi beberapa penampakan mobil ini telah tersebar di internet. Kia EV3 tertangkap kamera sedang diuji jalan di Swedia pada Minggu, 25 Februari 2024. Kia EV3 tampak sedang melakukan uji jalan di cuaca dingin dengan jalanan yang diselimuti oleh salju.

Dikutip dari laman Carscoops, Kia EV3 yang sedang diuji coba menggunakan kombinasi warna perak dan biru. Pada bagian bodi samping, belakang, dan depan ditutupi memakai selubung hitam untuk kamuflase. Meski begitu, kita masih bisa melihat beberapa bagian yang tidak ditutup selubung. Misalnya bagian velg yang ternyata desainnya berbeda dari versi konsepnya. Selain itu mobil ini juga sudah dilengkapi lampu depan full LED, juga roof rail di bagian atap.

Selain eksterior, kita juga bisa melihat sekilas bagian interiornya. Kokpit Kia EV3 bakal dilengkapi layar digital ganda, serta desain dasbor minimalis. Selanjutnya tuas transmisi dipasang di lingkar kemudi. Seperti semua model listrik dari Hyundai dan Kia, EV3 akan menggunakan platform E-GMP. Namun, untuk menekan biaya, kemungkinan akan melengkapinya dengan teknologi 400V daripada arsitektur 800V yang lebih mahal.

Kemungkinan Kia EV3 entry-level akan menampilkan motor listrik tunggal dan baterai 58 kWh. Kita juga tahu akan ada versi yang lebih menarik, karena Kia telah secara resmi mengonfirmasi akan menawarkan trim GT untuk seluruh jajaran EV-nya. Kia telah mengumumkan kisaran harga yang ditargetkan untuk jajaran kendaraan elektrifikasi, yakni antara 30.000 USD (Rp 467,8 juta) hingga 80.000 USD (Rp 1,2 miliar). Kia EV3 diperkirakan memiliki kisaran harga yang jauh lebih murah.

Kia EV3 dijadwalkan akan diluncurkan pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. Kia EV3 akan menjadi saingan berat bagi mobil listrik lainnya yang bermain di segmen yang sama, seperti Renault Zoe, Peugeot e-208, dan Volkswagen ID.3. Kia EV3 diharapkan dapat menjadi pilihan mobil listrik yang ideal bagi konsumen yang menginginkan mobil listrik yang murah, namun tidak murahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini