Pertarungan kecepatan antara MotoGP dan F1 selalu menjadi topik yang menarik, terutama ketika kedua balapan ini berlangsung di sirkuit yang sama, seperti Circuit Of The Americas (COTA) di Austin, Texas. Dalam artikel ini, kita akan membandingkan best time dan top speed dari kedua kategori balap ini untuk mengetahui mana yang lebih kencang di COTA.

Best Time di COTA

Dalam hal best time, atau waktu putaran tercepat, F1 unggul jauh dibandingkan dengan MotoGP. Catatan waktu putaran tercepat di COTA untuk F1 adalah 1 menit 36,169 detik yang dicatatkan oleh Charles Leclerc menggunakan Ferrari SF90 pada tahun 2019. Sementara itu, catatan putaran tercepat MotoGP adalah 2 menit 3,126 detik yang diraih oleh Alex Rins menggunakan Honda RC213V pada tahun 2023.

Top Speed di COTA

Berbeda dengan best time, untuk top speed atau kecepatan tertinggi, MotoGP ternyata memiliki angka yang lebih tinggi dibandingkan F1. Top speed tercepat untuk MotoGP di COTA adalah 356,4 km/jam yang diraih oleh Maverick Vinales menggunakan Aprilia RS-GP pada tahun 2023. Sedangkan untuk F1, top speed tercepatnya adalah 345,1 km/jam yang dicapai oleh Kevin Magnussen saat menggunakan mobil F1 Renault pada tahun 2016.

Analisis

Dari data di atas, kita bisa melihat bahwa meskipun motor MotoGP memiliki top speed yang lebih tinggi, mobil F1 memiliki waktu putaran yang lebih cepat di COTA. Hal ini disebabkan karena mobil F1 memiliki downforce yang lebih tinggi yang memungkinkan mereka untuk menikung dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor MotoGP. Ini menunjukkan bahwa dalam balapan di sirkuit seperti COTA, kemampuan menikung adalah faktor kunci yang dapat menentukan kecepatan keseluruhan.

Kesimpulannya, jika kita bandingkan best time dan top speed antara MotoGP dan F1 di COTA, mobil F1 lebih unggul dalam hal waktu putaran sedangkan motor MotoGP unggul dalam hal kecepatan tertinggi. Namun, keduanya memiliki keunggulan masing-masing yang membuat balapan menjadi sangat menarik untuk disaksikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini