Museum Otomotif Indonesia (MOI) by IMI yang akan dibangun di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur akan menjadi tempat yang menarik bagi para pecinta otomotif. Pasalnya, di dalam museum ini akan terdapat Paviliun Museum Mercedes-Benz Presiden BJ Habibie, yang menampilkan berbagai koleksi mobil Mercedes-Benz milik Presiden RI ke-3 sekaligus berbagai penemuan teknologi yang dibuatnya.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, yang juga Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar, usai bertemu dengan Anggota Kehormatan IMI Ilham Habibie, putra Presiden BJ Habibie, di Jakarta, Jumat (1/3/2024). Dalam pertemuan tersebut, keduanya mematangkan rencana pembangunan MOI by IMI, yang diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata edukasi dan hiburan di ibu kota.

"Selain sebagai intelektual yang mencintai buku, Pak Habibie juga merupakan sosok yang mencintai dunia otomotif. Koleksi kendaraannya sangat beragam. Antara lain Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Mercedes Benz 600 Pullman, hingga Mercedes-Benz 600SEC. Pak Habibie merawat berbagai koleksi kendaraannya dengan baik. Begitupun dengan anak-anaknya seperti Mas Ilham Habibie yang turut merawat koleksi kendaraan ayahnya dengan baik," ujar Bamsoet.

Menurut Bamsoet, berbagai koleksi mobil Presiden BJ Habibie tersebut tidak hanya menarik dari segi desain dan performa, tetapi juga memiliki cerita-cerita yang unik dan inspiratif. Salah satunya adalah Mercedes Benz Gullwing yang didapat dari dalam hutan di Jambi. Mobil ini ditemukan dalam keadaan yang sudah jadi rongsokan bahkan tersangkut di atas pohon. Menurut kabar lainnya, mobil ini diduga milik anggota kerajaan di Jambi yang sengaja disembunyikan pasca kemerdekaan Indonesia.

"Bentuk kendaraannya yang unik sampai dikira para warga sebagai UFO (unindentified flying object) dari luar angkasa. Malah ada yang mengkeramatkan mobil ini dan menaruh sesajen. Kisah ini disisi lain menunjukan betapa hebatnya peradaban otomotif bangsa Indonesia sejak di masa lampau," jelas Bamsoet.

Selain menampilkan koleksi mobil Presiden BJ Habibie, MOI by IMI juga akan menjadi science center yang mengedukasi masyarakat tentang berbagai penemuan teknologi yang dibuat oleh Presiden BJ Habibie. Di antaranya adalah pesawat terbang, kapal selam, satelit, dan lain-lain. MOI by IMI juga akan menyiapkan hiburan sport entertainment dengan menghadirkan sirkuit gokart listrik hingga simulator balap yang bisa dipakai oleh para pengunjung.

Bamsoet berharap, MOI by IMI bisa menjadi salah satu ikon baru di TMII, yang menunjukkan kemajuan dan kecintaan bangsa Indonesia terhadap dunia otomotif. Ia juga mengapresiasi kerjasama antara IMI dan TMII dalam mewujudkan proyek ini. Ia berencana untuk mengundang Presiden RI Joko Widodo untuk meresmikan MOI by IMI pada tahun 2025.

"MOI by IMI akan menjadi museum otomotif pertama dan terbesar di Indonesia, yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa ke masa, baik roda dua maupun roda empat. Kami berharap, museum ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi di bidang otomotif," tutup Bamsoet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini