Mudik Lebaran 2024 sudah semakin dekat. Banyak warga yang sudah merencanakan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mudik, salah satunya adalah pilihan kendaraan yang digunakan.

Korlantas Polri mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran 2024 untuk tidak menggunakan sepeda motor. Alasannya, sepeda motor merupakan kendaraan yang rawan alami kecelakaan lalu lintas, apalagi jika digunakan untuk perjalanan jauh .

"Untuk sepeda motor itu kita tidak melarang, artinya tidak melarang, tapi mengimbau," ujar Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, dalam jumpa pers di Hotel Borobudur, Selasa (5/3). Aan mengungkapkan, imbauan ini disampaikan menyusul tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor saat arus mudik tahun lalu.

"Motor penyimbang terbesar kecelakaan lebih baik naik moda transportasi massal (Bus, Kereta Api ) atau ikut mudik bersama instansi yang mengadakan mudik gratis," tuturnya. Ia menambahkan, kecelakaan kerap menimpa pemudik yang menggunakan sepeda motor, apalagi membawa penumpang dan barang yang berlebihan. Tidak jarang ditemukan warga yang memodifikasi kendaraannya agar mampu mengangkut muatan lebih banyak.

Selain itu, Aan juga menyebutkan ada empat hal tentang keselamatan berlalu lintas yang perlu diperhatikan pemudik motor ketika akan melakukan perjalanan jauh untuk merayakan lebaran di kampung halaman. "Yang pertama, pastikan sepeda motor itu sehat. Yang kedua, manusianya juga sehat. Yang ketiga, perlengkapan, helm, kemudian sepatu, jaket untuk melindungi diri,” ungkapnya.

"Yang keempat waktu istirahat, tolong dimanfaatkan betul, karena maksimal dua jam itu sudah lelah, konsentrasi sudah kurang. Jadi, dua jam silakan minggir ke rest area, istirahat. Minimal (istirahat) kalau (naik) sepeda motor 30 menit,” jelasnya. Aan berharap, dengan mengikuti imbauan ini, masyarakat bisa mudik dengan aman, nyaman, dan lancar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini